Posted by : Unknown Tuesday, May 28, 2013





Banyak diantara kita yang berkeyakinan bahwa bahasa surga adalah bahasa arab, berdasarkan satu hadits Nabi shollallahu 'alaihi wassalam


أحبوا العرب لثلاث لأني عربي ، والقرآن عربي ، وكلام أهل الجنة عربي
Cintailah bahasa Arab karena tiga hal, yaitu karena aku adalah orang Arabdan Al-Qur’an dengan bahasa Arab, dan bahasa penghuni syurga adalah bahasa Arab. 

Hadits di atas diriwayatkan oleh imam Al Baihaqi, Al Hakim dari jalur Ibnu Abbas.
Namun ternyata keyakinan ini tidaklah didasari pada suatu hadits yang shohih. Yah karena hadits di atas adalah dhoif. Ibnul Jauzi mengatakan bahwa hadits di atas adalah maudu’. Imam Adz Dzahabi dan Albani pun mengatakan bahwa hadits di atas maudhu’.

Jadi kesimpulannya tidak ada penjelasan dari Al Qur’an maupun As sunnah bahwa bahasa arab adalah bahasa penghuni surga.ada juga hadits lain yang semisal dari jalur Abu Hurairoh itupun juga maudhu’.
Sehingga alangkah lebih baiknya kita tidak mempertanyakan apa bahasa yang dipakai penghuni surga, atau membuatnya sebagai bahan perdebatan. Karena hal semacam ini bukanlah kemampuan kita untuk membahasnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Follow Admin

Pages

Powered By Blogger
Powered by Blogger.

Category

- Copyright © SMP Progresif Bumi Shalawat Language Class -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -